Koleksiikancupang’s Blog

panduan koleksi, merawat dan budidaya ikan cupang

Cara mengawinkan ikan cupang

Jika anda ingin mengawinkan ikan cupang, pastikan anda sudah memastikan ikan cupang betina dan jantan yang anda pilih adalah yang terbaik, karena hal ini yang akan menentukan kualitas bibit ikan cupang yang akan di hasilkan.

Jika sudah, mari kita pelajari tentang bagaimana mengawinkan ikan cupang,

Langkang-langkah mengawinkan ikan cupangĀ  :

  • Pilihlah indik jantan dan betina yang agresif dan aktif
  • Pisahkan antara induk betina dan indik jantan, dan diberi makan yang cukup selama 5-6 hari.
  • Lalu masukkan masing-masing induk ikan cupang kedalam satu wadah yang telah diberi tanaman tempat bertelur seperti enceng gondok.
  • Biarkan sampai 3-4 hari, telur akan menempel pada daun.
  • Pindahkan induk cupang betina dan beri makan secukupnya.
  • Setelah telur menetas, jangan diberi makan sampai 2-3 hari.
  • Kemudian selama 2-3 hari selanjutnya anak-anak ikan cupang tersebut dapat diberi makan infosuria.

Semoga bermanfaat…:)

fb46860

7 responses to “Cara mengawinkan ikan cupang

  1. alexander Februari 23, 2009 pukul 9:08 am

    saya termasuk salah satu penggemar ikan cupang..
    yang mw saya tanyakan ikan cupang saya ingin saya kawinkan tapi setelah ada tanda sudah siap dan saya masukkan dalam satu wadah ternyata ikan yang jantan koq slalu mengejar yg betina dan melukainya….??? itu yg membuat saya jadi bingung..tolong saya ya….

  2. koleksiikancupang Februari 25, 2009 pukul 1:19 am

    yang pertama, coba dipastikan jantannya sudah siap kawin atau belum…

    coba tempatkan 2-3 betina sekaligus dalam satu wadah, jika prilakunya masih sama kepada salah satu betina, (pindahkan betina yang dilukai), dan jika betina yang lain tidak dilukai lagi biarkan saja…

    mungkin tidak bisa diamati secara terus menerus betina mana yang dikawinkan…jd pada saat pemisahan untuk bertelur, masukkan saja semua betina tersebut pada wadah yang disiapkan untuk telur…

  3. .M.RAFI.S Maret 13, 2009 pukul 10:04 pm

    terimakasih atas trik dan cra mengawinkan ikan cupang!!!!!!1

  4. tommy November 5, 2009 pukul 6:23 pm

    jd saya tuh cm punya 2 cupang,,yg 1 betina ma 1 jantan…..
    saya tuh pingin ngawinin tpi ga tw tanda-tanda si jantan dan betinanya udah saip…..tolong kasih tau kalau cupangnya uda siap….tolong banget yeah….

  5. chandra April 12, 2010 pukul 10:50 am

    gan,,cupang saya yg jantan di masukin ke wadah yg gede trs yg betina aku masukin ke botol aqua trs di taro di tmpt yg udah ada tanamannya..cara kyk gitu bisa gx ea??

  6. owhat Agustus 27, 2010 pukul 2:49 am

    saya mau nanya donk mas..
    misalnya telur sudah menetas semua kira2 berapa lama waktu untuk memindahkan anak2 cupang itu ke tempat lain..??
    dan kira2 berapa lama anak2an ikan cupang itu dirawat cupang jantan??

  7. Elizabeth September 15, 2010 pukul 6:56 am

    hai… aq mo tanya… aq mencoba mengawinkan cupang tp kok yg betina menggigit jantannya yach….

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

